Hukum Seorang Muslim Membunuh Muslim Lainnya

2 menit waktu membaca

Daftar Isi

Bolehkan seorang muslim membunuh saudaranya yang lain? Dan jika ada 2 orang muslim yang saling membunuh satu sama lain, lalu yang satu terbunuh, apakah yang terbunuh tersebut akan masuk neraka juga? Baca penjelasannya pada artikel kali ini.

Hadis

Jika ada 2 orang muslim yang saling membunuh di antara mereka, maka keduanya akan masuk neraka, baik yang membunuh maupun yang terbunuh, yang membunuh akan masuk neraka karena ia membunuh sesama muslim, dan yang terbunuh juga akan masuk neraka karena ia sudah berniat (sangat ingin) membunuh saudaranya.

Dan di bawah ini adalah dalil yang menyatakan hal tersebut:

عَنْ أَبِي بكْرَةَ نُفَيْعِ بْنِ الْحَارِثِ الثَقَفِيِّ رضي الله عنه أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم  قَالَ: إِذَا الْتَقَىٰ الْمُسْلِمَانِ بِسَيْفَيْهِمَا فَالْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ

قُلْتُ: يَا رَسُولَ الله ، هذَا الْقَاتِلُ فَمَا بَالُ الْمَقْتُولِ؟ّ

قَال: إِنَهُ كَانَ حَرِيصاً عَلَىٰ قَتْلِ صَاحِبِهِ

Abu Bakrah Nufai’ bin Al-Ḥāriṡ Aṡ-Ṡaqafiy –raḍiyallāhu ‘anhu– meriwayatkan, bahwa Nabi –ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam– bersabda,

Apabila dua orang muslim berhadap-hadapan dengan pedangnya, maka yang membunuh dan yang dibunuh sama-sama berada dalam neraka.”

“Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, ini yang membunuh (jelas masuk neraka). Lalu ada apa dengan yang dibunuh?” Beliau bersabda,

Karena dia sangat ingin membunuh saudaranya.”

(Muttafaq ‘Alaih)

Pelajaran dari Hadis

1. Mengingatkan kaidah besar “setiap amal perbuatan tergantung niatnya”; yaitu orang ini ketika telah berniat untuk membunuh saudaranya, dan telah melakukan upaya untuk mewujudkannya, tetapi hal itu tidak terwujud karena dikalahkan oleh lawannya, maka dia sama seperti lawannya yang melakukan pembunuhan.

2. Mengingatkan perbedaan antara orang yang membunuh karena membela diri untuk menghalangi orang yang zalim, dan antara orang yang bertarung dengan niat membunuh rekannya.

3. Peringatan keras terhadap besarnya dosa membunuh; sebab membunuh adalah salah satu sebab masuk neraka.

4. Memperlihatkan cara para sahabat –raḍiyallāhu ‘anhum– dalam menuntut ilmu; yaitu mereka membawa permasalahan kepada Rasulullah –ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam– lalu beliau memberikan jawabannya.

Dan tidak ada di dalam Al-Qur`ān maupun Sunnah sesuatu yang samar kecuali ada penjelasannya sejak awal atau lewat jawaban pertanyaan seputarnya.

Jadi kesimpulannya, jika dua seorang muslim yang ingin membunuh, maka keduanya (yang membunuh dan yang dibunuh) akan masuk neraka, karena ia (yang terbunuh) juga ingin membunuh saudaranya yang lain, namun ia kalah dan tidak bisa membunuhnya.

Semoga artikel kali ini tentang “Hukum Seorang Muslim Membunuh Muslim Lainnya” bermanfaat

Ditulis oleh Ustaz Muhammad Thalib, MA
Diambil dari website: mutiaradakwah.com
Print Artikel

Berlanggan Artikel Mutiara Dakwah

Berlangganlah secara gratis untuk mendapatkan email artikel terbaru dari situs ini.

Cari Artikel

Generic selectors
Kata yang sama persis
Kata yang ada di judul
Kata yang ada di artikel
Post Type Selectors
Filter Berdasarkan Kategori
Akhlak
Akidah
Al-Qur'an
Bahasa
Fatwa Ulama
Fikih
Hadis
Muamalah
Nasihat
Sirah
Tafsir
Tajwid

Cari Kategori

Sosmed

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Tambahkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terkait

Setiap Amalan Tergantung Niatnya
Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc.

Setiap Amalan Tergantung Niatnya

Apakah setiap amalan yang kita lakukan harus ikhlas? Apa yang terjadi jika kita tidak ikhlas dalam perbuatan-perbuatan kita? Baca penjelasannya pada artikel ini.

Baca Selengkapnya »
Pahala Karena Niat Baik Dan Buruk
Muhammad Thalib, MA

Pahala Karena Niat Baik Dan Buruk

Jika seseorang telah berniat melakukan kebaikan, lalu ia tidak jadi melakukannya, apakah ia akan tetap mendapatkan pahala? Jika seseorang telah berniat melakukan keburukan, lalu ia tidak jadi melakukannya, apakah ia

Baca Selengkapnya »

Apakah Anda Ingin Meningkatkan Bisnis Anda?

Tingkatkan dengan cara beriklan

Formulir anda berhasil dikirim, terimakasih

join mutiara dakwah

Subscribe agar anda mendapatkan artikel terbaru dari situs kami

join mutiara dakwah

Subscribe agar anda mendapatkan artikel terbaru dari situs kami

Hukum Shalat Memakai Masker Saat Pandemi Covid-19 Setiap Amalan Tergantung Niatnya Keutamaan Mempelajari Tafsir Alquran Mengkhatamkan Al-Qur`an Sebulan Sekali Pelajari Adab Sebelum Ilmu Kenapa Kita Harus Belajar Fikih Muamalat? Tata Cara Wudhu Yang Benar Pembagian Tauhid dan Maknanya Hukum Belajar Bahasa Inggris Kisah Rasulullah Hijrah Ke Madinah Mengajak Orang Lain Berbuat Baik, Tapi Lupa Diri Sendiri