Tafsir Surah Al-Ḥajj Ayat 1-4

Tafsir Surah Al-Hajj Ayat 1-4

Ayat dan Artinya

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ

1.Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّآ اَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكٰرٰى وَمَا هُمْ بِسُكٰرٰى وَلٰكِنَّ عَذَابَ اللّٰهِ شَدِيْدٌ

2. (Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (goncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يُّجَادِلُ فِى اللّٰهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَّيَتَّبِعُ كُلَّ شَيْطٰنٍ مَّرِيْدٍۙ

3. Dan di antara manusia ada yang berbantahan tentang Allah tanpa ilmu dan hanya mengikuti para setan yang sangat jahat.

كُتِبَ عَلَيْهِ اَنَّهٗ مَنْ تَوَلَّاهُ فَاَنَّهٗ يُضِلُّهٗ وَيَهْدِيْهِ اِلٰى عَذَابِ السَّعِيْرِ

4. (Tentang setan), telah ditetapkan bahwa siapa yang berkawan dengan dia, maka dia akan menyesatkannya, dan membawanya ke azab neraka.

Makna Ayat Secara Umum

  1. Ayat pertama berisi panggilan dari Allah kepada seluruh manusia agar mereka bertakwa dan berhati-hati dari hukuman-Nya, dengan cara melaksanakan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka, dan juga meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah. Ayat ini juga menjelaskan bahwa sesungguhnya kejadian hari kiamat tersebut sangat dahsyat, tidak ada yang mengetahui kedahsyatannya selain Allah.
  2. Kedahsyatan peristiwa kiamat tersebut sampai-sampai membuat manusia kehilangan nalar mereka; semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya. Manusia kehilangan akal mereka seperti orang-orang yang mabuk, karena dahsyatnya peristiwa saat itu. Mereka bukan mabuk karena minum khamar, namun mereka mabuk karena azab Allah yang sangat pedih, yang menyebabkan mereka kehilangan akal.
  3. Di antara manusia ada yang berbantahan tentang Allah tanpa ilmu, misalnya mereka berbantahan dalam masalah kemampuan Allah untuk membangkitkan makhluk yang sudah mati, klaim mereka bahwa tidak ada hari akhir, surga maupun neraka. Dalam hal ini, mereka hanya mengikuti bisikan para setan yang sangat jahat dan durhaka kepada Allah.
  4. Allah telah menakdirkan bahwa setan yang jahat tersebut akan menyesatkan semua orang mengikutinya, dan dia akan menggiring mereka kepada azab Jahanam.

Beberapa Pelajaran Dari Ayat-Ayat di Atas

  1. Kewajiban bertakwa kepada Allah. Hakikat takwa adalah ketika seorang hamba membuat pembatas antara dia dengan azab Allah, yaitu dengan cara melakukan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.
  2. Segala sesuatu akan bergetar dan berguncang ketika hari kiamat, karena keadaannya yang sangat dahsyat.
  3. Para makhluk akan ketakutan, sampai-sampai ketakutannya itu menjadikan semua perempuan yang sedang menyusui anaknya lalai terhadap anak yang disusuinya, setiap perempuan yang hamil akan keguguran janinnya, dan manusia akan seperti orang-orang mabuk.
  4. Diharamkan berdebat dengan batil
  5. Larangan mengikuti orang-orang yang menyesatkan, baik dari kalangan manusia maupun jin.
  6. Siapa yang mengikuti orang-orang yang menyesatkan maka dia akan dijerumuskannya ke dalam kesesatan, dan akan menyeretnya ke neraka.

Semoga Bermanfaat

Seberapa baik artikel ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Jadilah yang pertama menilai artikel ini.

Karena Anda menilai artikel ini bermanfaat ...

Mohon bagikan artikel ini!

Kami mohon maaf karena Anda tidak terlalu menyukai artikel ini!

Kami akan berusaha meningkatkan artikel ini

Bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Artikel Terkait

Tambahkan Komentar