Tafsir Surah Al-Hajj Ayat 8-10

Tafsir Surat Al-Hajj Ayat 8-10

Ayat dan Artinya

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يُجَٰدِلُ فِى ٱللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَلَا هُدًى وَلَا كِتَٰبٍ مُّنِير

8. Dan di antara manusia ada orang-orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, tanpa petunjuk dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya,

ثَانِىَ عِطْفِهِۦ لِيُضِلَّ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ لَهُۥ فِى ٱلدُّنْيَا خِزْىٌ ۖ وَنُذِيقُهُۥ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ عَذَابَ ٱلْحَرِيقِ

Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan Website

9. Dengan memalingkan lambungnya untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah. Ia mendapat kehinaan di dunia dan dihari kiamat Kami merasakan kepadanya azab neraka yang membakar.

ذَٰلِكَ بِمَا قَدَّمَتْ يَدَاكَ وَأَنَّ ٱللَّهَ لَيْسَ بِظَلَّٰمٍ لِّلْعَبِيدِ

10. (Akan dikatakan kepadanya): “Yang demikian itu, adalah disebabkan perbuatan yang dikerjakan oleh kedua tangan kamu dahulu dan sesungguhnya Allah sekali-kali bukanlah penganiaya hamba-hamba-Nya”. (QS. Al-Ḥajj: 8-10)

Makna Ayat Secara Umum

Ketika Allah menjelaskan tentang dalil-dalil hari kebangkitan secara jelas, Allah menjelaskan bahwasanya sebagian manusia ada yang memperdebatkannya dan mengingkarinya. Kemudian Allah menjelaskan:

8. Bahwasanya sebagian manusia ada yang memperdebatkan ketauhidan Allah, dan pilihan-Nya terhadap nabi ﷺ untuk menjadi rasul, dan berdebat tentang Al-Qur`an tanpa bukti, hujah, dan juga dalil yang jelas.

Dan keadannya ketika berdebat:

9. Dia memiringkan dan membelokkan lehernya karena sombong dan takabur untuk menghalang-halangi orang lain untuk masuk ke dalam agama Allah. Orang yang berlaku seperti akan dibalas oleh Allah dengan kehinaan dan kesedihan di dunia, serta akan dipermalukan di akhirat dengan mengazabnya di neraka.

Dan akan dikatakan kepadanya pada hari kiamat:

10. Kesedihan dan kehinaan yang kamu rasakan merupakan akibat dari kemaksiatan dan perbuatan dosamu, serta kesombonganmu karena tidak mau menerima kebenan. Allah tidaklah berbuat kezaliman kepada seorang pun karena Allah Maha Adil, dan Allah tidak mengazab seseorang kecuali karena dosa yang telah ia perbuat.

Beberapa Pelajaran Dari Ayat-Ayat di Atas

  1. Perdebatan tanpa ilmu dan bukti yang nyata merupakan sebuah tindakan yang sangat buruk.
  2. Sombong adalah dosa besar, yang membuat pelakunya menolak kebenaran, dan merendahkan serta menghina orang lain.
  3. Di antara bentuk perilaku sombong adalah memalingkan leher dan merendahkan orang yang ada di sekitarnya, dan tidak melihat kepada mereka kecuali dengan memicingkan kedua matanya.
  4. Siapa yang berdebat tanpa ilmu dan bukti yang jelas, serta menyombongkan diri dari menerima kebenaran, maka Allah akan membalasnya dengan kehinaan di dunia dan azab yang membakar di akhirat.

Semoga Penjelasan Tentang Tafsir Surah Al-Hajj Ayat 8-10 ini Bermanfaat

Berlanggan Artikel Mutiara Dakwah

Berlangganlah secara gratis untuk mendapatkan email artikel terbaru dari situs isi.

Artikel Terkait

Tambahkan Komentar