Tafsir Surah Al-Jumu’ah Ayat 9-11

Tafsir surat al jumuah

Ayat Surah Al-Jumu’ah Ayat 9-11

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

وَاِذَا رَاَوْا تِجَارَةً اَوْ لَهْوًا ۨانْفَضُّوْٓا اِلَيْهَا وَتَرَكُوْكَ قَاۤىِٕمًاۗ قُلْ مَا عِنْدَ اللّٰهِ خَيْرٌ مِّنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِۗ وَاللّٰهُ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya

9. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

10. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

11. Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka tinggalkan engkau (Muhammad) sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah, “Apa yang ada di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perdagangan,” dan Allah pemberi rezeki yang terbaik.

Makna Ayat Secara Umum

9. Jika seorang muazin telah mengumandangkan azan kedua untuk salat Jum’at, maka bersegeralah ke masjid untuk mendengarkan khotbah kemudian salat Jum’at. Dan tinggalkanlah jual-beli (perdagangan), ataupun semua yang menyibukkanmu dari salat Jum’at. Karena sesungguhnya salat Jum’at itu lebih baik bagimu di dunia maupun di akhirat; karena dosamu akan diampuni dan kamu akan mendapatkan pahala, jika kamu mengetahuinya.

10. Jika kamu sudah mendengarkan khotbah dan telah melaksanakan salat, maka berpencarlah di dunia ini. Carilah rezeki dari Allah dengan pekerjaan kalian, dan ingatlah selalu kepada Allah pada semua keadaan kalian; agar kalian bisa mendapatkan kemenangan berupa kebaikan dunia dan akhirat.

11. Dan sebagian orang muslimin, jika mereka melihat perdagangan ataupun kesenangan dunia dan perhiasannya, mereka mendatanginya dan meninggalkanmu -wahai Nabi Muhammad ﷺ – sedang berdiri diatas mimbar sambil berkhotbah. Katakanlah kepada mereka wahai Nabi Muhammad ﷺ -, “Apa yang ada di sisi Allah berupa pahala dan kenikmatan lebih bermanfaat bagi kalian dari pada senda gurau ataupun perdagangan, dan Allah yang Mahaesa adalah sebaik-baik pemberi rezeki, maka mintalah rezeki itu dari-Nya, dan mohonlah pertolonganlah kepada-Nya dengan melakukan ketaatan kepada-Nya.

Pelajaran-Pelajaran Dari Ayat di Atas

  1. Salat Jum’at wajib bagi para laki-laki yang sudah balig dan memenuhi syarat-syaratnya.
  2. Wajib bersegera pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jum’at saat azan kedua sudah dikumandangkan, dan disunnahkan untuk datang ke masjid sebelumnya.
  3. Haram berjual beli atau melakukan perdagangan setelah mendengar azan Jum’at yang kedua, karena diwajibkan untuk mendatangi masjid guna mendengarkan khotbah Jum’at dan melakukan salat.
  4. Duduk-duduk di tempat zikir lebih baik daripada apa yang dilakukan orang yang melakukan senda gurau ataupun perdagangan, dan itu tidak berarti kita boleh meninggalkan pekerjaan dan tidak mencari rezeki.
  5. Siapa yang digoda oleh jiwanya untuk meninggalkan amal kebaikan, maka hendaknya jiwa tersebut diingatkan tentang kebesaran Allah berupa pahala, karunia dan rezeki yang baik.

Seberapa baik artikel ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Jadilah yang pertama menilai artikel ini.

Karena Anda menilai artikel ini bermanfaat ...

Mohon bagikan artikel ini!

Kami mohon maaf karena Anda tidak terlalu menyukai artikel ini!

Kami akan berusaha meningkatkan artikel ini

Bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Artikel Terkait

Tambahkan Komentar