Tafsir Surah Al-Jumu’ah Ayat 5-8

2 menit waktu membaca

Daftar Isi

Surah Al-Jumu’ah Ayat 5-8

مَثَلُ ٱلَّذِينَ حُمِّلُوا۟ ٱلتَّوْرَىٰةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ ٱلْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًۢا ۚ بِئْسَ مَثَلُ ٱلْقَوْمِ ٱلَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ ۚ وَٱللَّهُ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلظَّٰلِمِينَ

قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ هَادُوٓا۟ إِن زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَآءُ لِلَّهِ مِن دُونِ ٱلنَّاسِ فَتَمَنَّوُا۟ ٱلْمَوْتَ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

وَلَا يَتَمَنَّوْنَهُۥٓ أَبَدًۢا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ ۚ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِٱلظَّٰلِمِينَ

قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya

5. Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat, kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Amatlah buruk perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah itu. Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.

Jasa Pembuatan Website
Jasa Pembuatan Website

6. Katakanlah, “Hai orang-orang yang menganut agama Yahudi, jika kamu mendakwakan bahwa sesungguhnya kamu sajalah kekasih Allah bukan manusia-manusia yang lain, maka harapkanlah kematianmu, jika kamu adalah orang-orang yang benar.”

7. Mereka tiada akan mengharapkan kematian itu selama-lamanya disebabkan kejahatan yang telah mereka perbuat dengan tangan mereka sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui akan orang-orang yang zalim.

8. Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

Makna Ayat Secara Umum

5. Allah subḥānahu wataʿālā membuat permisalan orang yang tidak mengamalkan isi kitab Taurat seperti keledai yang membawa buku tapi dia tidak tahu apa yang ada di dalam buku itu. Dan sejelek-jeleknya kaum adalah orang yang mendustakan ayat-ayat Allah subḥānahu wataʿālā , tidak mengambil manfaat darinya, dan mereka keluar dari ketaatan.

6. Jika kalian, wahai orang Yahudi, mengaku-ngaku bahwasanya kalian adalah adalah orang-orang yang dicintai Allah dan tidak ada selain kalian yang dicintai Allah, maka harapkanlah kematian datang menjemput kalian jika kalian memang benar dalam pengakuan kalian itu.

7. Orang-orang Yahudi tidak akan mau meminta kematian selamanya, karena kekafiran dan kezaliman yang mereka lakukan sehingga mereka takut menghadapi hukuman.

8. Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kalian lari darinya, tidak akan ada tempat lari baginya. Kematian akan mendatangi kalian saat ajal menjelang, kemudian kalian akan dikembalikan saat hari kiamat kepada Allah Yang Maha Mengetahui Yang Tersembunyi dan Yang Tampak, kemudian kalian akan di beritahu apa yang kalian kerjakan.

Beberapa Pelajaran Dari Ayat-Ayat di Atas

  1. Orang Yahudi tidak mengamalkan isi Taurat yang diturunkan kepada mereka, seperti kabar tentang kenabian Nabi Muhammad ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam, maka mereka berhak untuk mendapatkan kemurkaan Allah.
  2. Orang Yahudi telah berbohong pada pengakuan mereka bahwa mereka dicintai Allah subḥānahu wataʿālā, dan bahwa Allah tidak akan mengazab mereka. Maka Allah menyuruh mereka untuk meminta kematian jika mereka adalah orang-orang yang jujur.
  3. Tidak mungkin bagi orang Yahudi untuk meminta kematian, karena mereka tahu bahwa mereka berbohong di dalam pengakuannya dan mereka telah melakukan kezaliman.
  4. Kematian adalah titik terakhir setiap makhluk di dunia. Setelah kematian pasti akan ada kebangkitan, dihisab, dan pembalasan untuk setiap perbuatan. Maka orang yang berakal hendaknya bersiap-siap untuk menghadapi semua itu.

Semoga Bermanfaat

Ditulis oleh Ustaz Muhammad Thalib, MA
Diambil dari website: mutiaradakwah.com
Share on print
Print Artikel

Berlanggan Artikel Mutiara Dakwah

Berlangganlah secara gratis untuk mendapatkan email artikel terbaru dari situs ini.

Cari Artikel

Generic selectors
Kata yang sama persis
Kata yang ada di judul
Kata yang ada di artikel
Filter Berdasarkan Kategori
Akhlak
Akidah
Al-Qur'an
Bahasa
Fatwa Ulama
Fikih
Hadis
Muamalah
Nasihat
Sirah
Tafsir
Tajwid

Cari Kategori

Artikel Terkait

Tafsir Surah As-Shaff 1-4
Muhammad Thalib, MA

Tafsir Surah As-Shaff Ayat 1-4

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah bin Salam, ia menuturkan: “Kami pernah berembuk, siapakah di antara kalian yang bersedia datang kepada Rasulullah ﷺ untuk menanyakan kepada beliau tentang amal apakah ada

Baca Selengkapnya »
Tafsir Surat Al-Munafiqun 9-11
Muhammad Thalib, MA

Tafsir Surah Al-Munafiqun 9-11

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas tafsir surah Al-Munāfiqūn pada ayat 1-4, dan juga ayat 5-8. Kali ini kita akan membahas tafsir beberapa ayat pada akhir surah Al-Munāfiqūn, yaitu ayat

Baca Selengkapnya »
Tafsir Surah Al-Munafiqun Ayat 5-8
Muhammad Thalib, MA

Tafsir Surah Al-Munafiqun Ayat 5-8

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tafsir ibnu katsir pada surah Al-Munāfiqūn dari ayat 1-4, kali ini kita akan membahas tafsir surah Al-Munāfiqūn Ayat 5, 6, 7, dan 8. Ayat

Baca Selengkapnya »

Stories

Apakah Anda Ingin Meningkatkan Bisnis Anda?

Tingkatkan dengan cara beriklan

Formulir anda berhasil dikirim, terimakasih

join mutiara dakwah

Subscribe agar anda mendapatkan artikel terbaru dari situs kami

join mutiara dakwah

Subscribe agar anda mendapatkan artikel terbaru dari situs kami

Tafsir Surah As-Shaff Ayat 1-4 Penyebab Turunnya Surah Al-Kahfi Tuntunan Penyembelihan Hewan Kurban Siapakah Wali-Wali Allah Itu? Anda Ingin Sukses? Persiapkan Diri Menghadapi Ujian Pengertian Riba dan Macam Macamnya Hukum Berkurban Secara Kolektif Imamah, Jemaah, Dan Sahabat Berkasih Sayang Dengan Binatang Tema-Tema Surah Al-Kahfi